4 Fakta ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Nonton Film Fatima 2020

Fatima merupakan sebuah film rohani Katolik terbaru 2020. Film ini berkisah tentang peristiwa penampakan Maria di kota Fatima, Negara Portugal. Awal rencana, film Fatima ini ditargetkan tayang pada Paskah tahun ini. Tapi karena faktor pandemi, akhirnya tertunda hingga Agustus 2020. Sayangnya, di Indonesia film tersebut belum tayang. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena pandemi ini. Nah, sambil menunggu kepastian jadwal tayang, alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu 4 fakta penting tentang mukjizat penampakan di Fatima ini. Jadi ketika menonton, kamu tidak hanya berpatokan pada alur cerita yang disajikan sang sutradara dan akting para artis, tapi juga pada pesan iman yang tertuang dalam film tersebut.

1. Fatima adalah dusun kecil dan terpencil
Fatima adalah nama sebuah daerah di Negara Portugal. Dulu, tempat ini hanya sebuah dusun kecil yang cukup terpencil di sebuah perbukitan Potugal. Namanya pun tak banyak dikenal dunia. Namun, sejak mukjizat penampakan Bunda Maria pada tahun 1917 silam, Fatima menjadi kota yang sangat populer di kalangan . Setiap tahun, ribuan bahkan jutaan peziarah memadati tempat bersejarah ini.

2. Penampakan di Fatima adalah fakta bukan hoax
Mukjizat penampakan di Fatima ini terjadi pertama kali pada 13 Mei 1917. Bunda Maria menampakan diri kepada Lucia do Santos dan dua sepupunya, Francisco de Jesus Marto dan Jacinta de Jesus Marto.

(Foto: aleteia.org)

 

Tak ada yang tahu, mengapa Bunda Maria memilih menampakan wujudnya kepada tiga anak berdarah Potugis ini. Yang jelasnya, mereka bertiga hanya anak gembala yang datang dari keluarga sederhana.

Bulan berikutnya, 13 Juni 1917, penampakan kedua terjadi. Di sini Bunda Maria secara khusus berpesan agar Lucia, Francisco dan Jacinta rutin mendaraskan Rosario setiap hari, untuk memohon kedamaian dan mengakhiri peperangan yang terjadi saat itu.

Dirilis dari washingthonpost.com, penampakan ketiga terjadi pada 13 Juli 1917. Dan pada bulan Oktober 1917, Bunda Maria menampakan diri untuk terakhir kalinya. Penampakan ini disaksikan lebih dari 70.000 orang.

(Foto: aleteia.org)

Setelah kabar ini tersebar luas, gereja Katolik secara khusus mengutus Pastor John De Marchi untuk melakukan penelitian terkait peristiwa besar ini.

Imam sekaligus peniliti ini menghabiskan waktu kurang lebih 7 tahun (1943-1950), di Fatima untuk melakukan penelitian dan wawancara dengan para saksi mata.

3. Francisco dan Jacinta meninggal di usia muda

Tak lama setelah mukjizat besar itu terjadi, Francisco dan Jacinta meninggal dunia. Mereka meninggal di usia yang sangat muda. Sebelumnya, Francisco dan Jacinta sudah tahu bahwa hidup mereka tak akan lama. Bunda Maria sendiri yang mengatakannya pada penampakan kedua, 13 Juni 1917. Tepat pada 4 April 1919, tiga tahun pasca penglihatan itu, Francisco meninggal. Jacinta lalu menyusul kepergian saudaranya itu pada 20 Februari 1920. Seratus tahun setelah mukjizat di Fatima, gereja Katolik secara resmi mengakui Francisco dan Jacinta sebagai . Mereka dikanonisasi secara bersamaan oleh Fransiskus pada 13 Mei 2017.

4. Lucia adalah saksi nyata yang hidup paling lama

(Foto: kolase Katolikpedia.id)

Lucia dos Santos adalah yang paling lama menghabiskan hidupnya di dunia. Saat beranjak dewasa, gadis bernama lengkap Lúcia de Jesus dos Santos ini bergabung bersama OCD atau yang sering kita kenal, Ordo Tak Berkasut. Suster Lucia adalah saksi nyata yang meninggal di usia yang sudah senja, 97 tahun. 13 Februari 2005, ia menghebuskan nafas terakhir.

Itulah 4 fakta tentang penampakan Bunda Maria di Fatima, Portugal. Keempat fakta ini juga disertakan dalam film Fatima tersebut. Pastikan kamu menonton filmnya ya. Oh ya, bagi yang ingin menonton trailernya berikut adalah videonya

Sumber :https://katolikpedia.id/, Lainnya

Skor Artikel

Related posts

Tentang Admin

Admin
Website ini adalah salah satu bentuk pelayanan untuk Paroki Bekasi Utara, Gereja Santa Clara Silahkan kirimkan tulisan anda melalui email : santaclarabekasi@gmail.com

Lainnya

Santo Yohanes dari Damaskus

Santo Yohanes dari Damaskus : 4 Desember

St. Yohanes dari Damaskus (John Damascene) hidup pada abad 7 – 8. Ia dilahirkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *