Home / Iman Katolik / Renungan / Kematian Tidak Pernah Kita Tahu Kapan Datangnya

Kematian Tidak Pernah Kita Tahu Kapan Datangnya

Jumat, 16 November 2018
Bacaan: 2Yoh.1:4-9 ; Luk.17:26-37.

Belum lama terjadi musibah gempa di NTB dan Palu, tiba-tiba kita dikejutkan dengan berita jatuhnya pesawat Lion Air, JT 610.Ratusan bahkan ribuan nyawa melayang dalam sekejap. Ngeri membayangkan !

Bacaan Injil Lukas hari ini menggambarkan bahwa kematian tidak pernah kita tahu kapan datangnya. Manusia sibuk dengan kegiatan sehari-hari; seperti pada jaman Nuh, mereka makan minum, kawin dan dikawinkan, membeli dan menjual, menanam dan membangun. Namun kelak pada hari kedatangan Anak Manusia, seperti ungkapan yang disabdakan Yesus kepada para murid-Nya: “ Lalu turunlah hujan api dan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua…..”.Ada yang dibawa , ada yang ditinggalkan. Janganlah hendaknya seperti istri Lot yang menjadi tiang garam dan binasa karena tidak menaati perintah Tuhan, tetapi masih “menoleh kebelakang”, ketika Sodom dan Gomora dibumi hanguskan (Kej.19:26). Menoleh kebelakang bisa diartikan : terikat pada kepentingan akan hal-hal duniawi sehingga lupa akan hal yang utama yaitu : keselamatan !

Bacaan dari Surat 2 Yohanes kali ini,  mengingatkan agar kita setia dan taat pada ajaran dan perintah Tuhan, dengan hidup dalam kasih kepada sesama, jangan sampai disesatkan oleh ajaran-ajaran palsu yang tidak mengakui bahwa Yesus datang sebagai utusan Allah yang menjelma menjadi manusia, untuk menyatakan kepada manusia akan kasih Allah yang menyelamatkan.

Doa: Ya Allah, tuntunlah kami setiap saat agar hidup dalam ketaatan pada perintah-perintah-Mu!

Tentang Admin

Lainnya

Hakim yang Mengabulkan Permintaan Seorang Janda

Sabtu,17 November 2018 Sabtu,17 November 2018 Bacaan: 3Yoh 1:5-8 ; Luk.18:1-8. Pada jaman Yesus berkarya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *