China-Vatikan Perbarui Kesepakatan soal Pengangkatan Uskup

, CNN Indonesia —

Kementerian Luar Negeri China mengatakan negaranya dan telah memperpanjang kesepakatan tentang pengangkatan di Tiongkok selama dua tahun.

Perjanjian awal mengenai hal itu sendiri ditandatangani pada tahun 2018 yang berakhir hari ini Kamis (22/10). Kesepakatan itu memungkinkan serta Partai Komunis memiliki dalam menunjuk uskup dari China.

Perjanjian terbaru ini disebut sebagai langkah maju untuk perdamaian kedua belah pihak. China diketahui telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Takhta Suci pada tahun 1951.

Pemutusan hubungan memisahkan sekitar 12 juta di China yang berafiliasi dengan  negara atau yang tidak mengakui otoritas Paus.

“Setelah konsultasi persahabatan, kedua belah pihak menyetujui perpanjangan kesepakatan selama dua tahun,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian kepada wartawan, Kamis (22/10) seperti dikutip AFP.

“Kedua belah pihak akan menjaga komunikasi dan konsultasi yang erat, dan terus mendorong proses peningkatan hubungan,” ujarnya.

Vatikan adalah satu-satunya sekutu China dari Eropa yang secara resmi mengakui Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Hal itu merupakan masalah bagi China yang melihat Taiwan sebagai bagian tak terpisahkan dari wilayahnya.

Beberapa tahun terakhir hubungan China dan Vatikan memanas. Namun keduanya tengah dalam upaya mendamaikan situasi dengan utusan utama dari kedua pemerintah bertemu secara terbuka di Munich pada Februari lalu.

sumber : cnnindonesia.com

Skor Artikel

Related posts

Tentang Admin

Admin
Website ini adalah salah satu bentuk pelayanan untuk Paroki Bekasi Utara, Gereja Santa Clara Silahkan kirimkan tulisan anda melalui email : santaclarabekasi@gmail.com

Lainnya

Santo Yohanes dari Damaskus

Santo Yohanes dari Damaskus : 4 Desember

St. Yohanes dari Damaskus (John Damascene) hidup pada abad 7 – 8. Ia dilahirkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *