Nama Baptis Katolik Bulan Oktober. Khusus untuk Umat Katolik

Ada sekitar 59 nama Katolik yang kami rekomendasikan untuk bayi Katolik yang lahir pada bulan Oktober ini.

Nama-nama baptis ini diambil dari nama dan santa yang sudah ditetapkan Gereja Katolik sebagai .

Tentunya, Gereja tidak asal-asalan saja menetapkan mereka sebagai santo/a. Ada penelitian khusus dan pertimbangan yang matang.

Salah satu tips yang bisa dilakukan sebelum memilih nama baptis yang tepat ialah, menyimak kisah hidup santo/a yang hendak dipilih.

Kelak, ketika buah kita sudah beranjak dewasa, kita bisa berkisah tentang arti dan makna di balik namanya.

Nama Baptis Katolik bulan Oktober

Tanggal & Nama Baptis Arti Nama Baptis
1
St. Remigius, Sta. Theresia dari Kanak-kanak Yesus
Theresia dari Kanak-kanak Yesus adalah seorang biarawati asal Perancis yang dikenal sebagai pribadi yang sangat mencintai Tuhan.
2
Santo Warren, Santo Eleutherius, Santo Leodegar
Santo Leodegar, seorang uskup yang punya prinsip hidup sederhana dan sangat saleh.
3
Santo André de Soveral, SJ, St. Ewald the black, St. Ewald the fair, St.Gerardus dari Brogne
St. Gerardus dari Brogne, merupakan pria bangsawan. Pemuda ini meninggalkan kemewahannya dan menjadi Imam.
4
St. Quintius, St. Fransiskus Asisi
St. Fransiskus Asisi, seorang pemuda dari keluarga kaya raya. Dulu, sempat hidup berfoya-foya, tapi ia bertobat dan menjual semua kekayaannya. Ia memilih hidup miskin dan menjadi pengemis.
5
St. Flora dari Beaulieu, Sta. Faustina Kowalska
Sta. Faustina, biarawati asal Polandia yang menerima penampakan dari Yesus berulang kali. Melalui dia, lahirlah  Koronka.
6
St. Bruno, Beata Marie Rose Duroche, Sta. Fe, Sta. Fransiska dari Lima Luka Yesus
Sta. Maria Fransiska dari Lima Luka Yesus, sudah mencintai Yesus sebelum usia 4 tahun. Ia bahkan menolak pinangan seorang pria kaya, karena baginya Yesus adalah pengantin lelakinya.
7
Santo Markus
Santo Paus Markus ialah pemimpin tertinggi gereja Katolik yang ke-34. Paus Markus menggantikan pendahulunya, Paus Santo Sylvester I.
8
Santo Yohanes Leonardi
Dulunya, Yohanes Leonardi berprofesi sebagai apoteker. Tapi, lama-kelamaan ia sadar bahwa menjadi Pastor adalah pilihan yang lebih menyenangkan.
9
St. Louis Bertrand, St. Dionisius
St. Dionisius berasal dari Italia. Ia merupakan Uskup Paris yang pertama. Uskup ini setia pada panggilannya hingga akhir hayatnya. Kepalanya dipenggal oleh para prajurit Romawi.
10
St. Daniel dari Ceuta, St. Paulinus dari York, St. Fransiskus Borgia
St. Fransiskus Borgia menjabat sebagai Raja Catalonia di usia yang masih muda. Kemegahan itu ditinggalkannya, lalu bergabung menjadi Imam Jesuit.

 

11
St. Kenneth, St. Paus Yohanes XXIII
Paus Yohanes XXIII, seorang pemimpin yang memiliki sikap totalitas kerja yang tinggi. Karena itu, ia sering dijuluki “Paus Yohanes Yang Baik”.
12
St. Felix dari Afrika Utara, St. Siprianus
St. Siprianus hidup pada abad kelima. Uskup ini mempertaruhkan nyawanya demi menolong para tawanan. Uskup Siprianus dibuang ke sebuah Padang Gurun dan dibiarkan mati kelaparan.
13
St. Edward, St. Geraldus
St. Edward semasa hidupnya dikenal sebagai Raja Inggris yang sangat rendah hati. Tak pernah bertutur kasar kepada siapapun, bahkan kepada orang miskin sekalipun. Ia mencintai rakyatnya dan sangat mengagumi St. Petrus.
14
Santo Paus Kalisitus I
Pemimpin tertinggi gereja Katolik ini dulunya adalah seorang budak. Masa lalu yang kelam itu membentuknya menjadi pribadi yang kaya akan cinta kepada siapa saja, bahkan untuk seorang pembunuh sekalipun.
15
Santa Theresia dari Avila
Santa Theresia adalah seorang biarawati yang dianugerahi kemampuan mendengar yang tidak biasa dari manusia normal. Ia sering mendengar Yesus berbicara kepadanya.
16
St. Gerardus Majella, Sta. Margareta Maria Alacoque
Sta. Margareta Maria, seorang biarawati yang sangat saleh. Kerap kali mendapat penampakan dari Bunda Maria dan Yesus. Yesus sendiri memberi julukan khusus untuknya, “”Murid Terkasih dari Hati Yesus Yang Mahakudus”.
17
St. Ignasius dari Anthiokia, St. Richard Gwyn
St. Richard, berasal dari Inggris. Martir gereja ini meninggal dalam masa pemerintahan Ratu Elizabeth I dengan cara dipasung karena tak ingin menyangkal iman Katoliknya.
18
Santo Lukas Penulis Injil
Sebenarnya, St. Lukas ini berprofesi sebagai dokter. Dulunya, Lukas tak mengenal agama atau kafir, tapi ia berhati lembut. Berkat kotbah St. Paulus, ia akhirnya mengenal Yesus dan kemudian menjadi penulis Injil.
19
St. Rene Goupil, St. Antoine Daniel, St. Paulus dari Salib
St. Paulus dari Salib dulunya seorang tentara. Namun, niat itu akhirnya memudar dan ia memantapkan hati menjadi imam dan mendirikan Kongregasi Biarawan Passionis.
20
Sta. Maria Bertilla Boscardin, Sta. Maria Teresia de Soubiran, Sta. Irene
St. Irene, seorang biarawati berparas cantik asal Portugal. Meski sudah hidup membiara, banyak lelaki yang ingin mempersuntingnya. Karena keseringan menolak, Irene akhirnya ditikam dengan sadis saat dalam perjalanan pulang usai pelayanan.

 

21
Sto. Hilarion, Sta. Ursula
St. Ursula, berjanji pada Tuhan untuk hidup suci dan tak menikah. Suatu hari, ia dilamar seorang gubernur yang kafir. Menolak lamaran itu, puteri raja ini melarikan diri bersama dayang-dayangnya. Tapi sayang, di tengah jalan ia mati terbunuh bersama para pelayannya.
22
Timotius Giaccardo, St. Paus Yohanes Paulus II
Paus Yohanes Paulus II dikenal sebagai pemimpin yang karismatik dan penuh kasih. Salah satu hal yang paling berkesan dan menghebohkan dunia adalah, pilihan sikapnya untuk memaafkan pria yang menembak dirinya pada tahun 1981 silam.
23
Santo Yohanes dari Capistrano
Santo Yohanes punya daya magic dalam berkotbah. Isi kotbahnya menenangkan hati banyak orang, dan membawa mereka kepada pelukan Yesus.
24
Beata Maria Tuci, St. Anthonius Maria Claret
St. Anthonius Maria Claret ditahbiskan menjadi Imam pada 1835. Punya jiwa kepemimpinan yang kuat, Pastor Anthonius kemudian ditahbiskan menjadi Uskup Agung di Santiago, Kuba. Ia juga yang mendirikan Kongregasi Misionaris Claretian, CMF.
25
Santo Gaudensius
Gaudensius, seorang Uskup yang saleh dan sangat bijaksana.
26
Santo Paus Evaristus
Sebelum menjadi pengikut Kristus, Paus Santo Evaristus adalah seorang pemeluk agama Yahudi yang sangat taat. Ketika dewasa, ia beralih menjadi seorang Katolik. Dalam hirarki Gereja Katolik, Evaristus adalah Paus kelima.
27
Beato Contardo Ferini
Beato Contardo Ferini sudah mencintai iman Katolik sejak kecil, bahkan hingga ia menjadi seorang profesor sekalipun. Hidupnya amat kudus, sehingga orang-orang yang mengenalnya sudah menganggapnya sebagai santo, meski ia belum meninggal.
28
St. Simon , St. Yudas Thadeus
St. Yudas Thadeus, dikenal sebagai santo pelindung “perkara yang sulit atau hampir tidak ada harapannya.” Novena khusus kepada St Yudas juga sudah banyak didoakan umat Katolik di berbagai belahan dunia.
29
Santo Narcissus
Menjabat sebagai Uskup Yerusalem, Narcissus adalah pemimpin yang sangat menjunjung tinggi sikap moral. Wajar, jika dirinya diidolakan dan dicintai banyak umat.
30
Santo Marcellus
Ketaatan kepada Tuhan adalah salah satu prinsip hidup Santo Marcellus. Ia berjanji hanya akan mengabdi kepada Yesus Kristus. Saat ia dipaksa untuk memuja dewa-dewa, Marcellus yang saat itu menjabat sebagai perwira kekaisaran Romawi menolak dengan keras. Penolakan itu berujung pada penyiksaan hingga ia tewas teraniaya.
31
St. Foillan, St. Alfonsus Rodriguez
Bagi St.Alphonsus, cobaan hidup perlu dihadapi dengan ketaatan. Meski dalam ia hanya bertugas sebagai penjaga pintu, orang kudus ini menerimanya dengan lapang. Seberat apapun keadaan yang dilaluinya, ia tetap menjalaninya dengan su

Sumber : https://katolikpedia.id/nama-baptis-katolik-oktober/

Skor Artikel

Related posts

Tentang Admin

Admin
Website ini adalah salah satu bentuk pelayanan untuk Paroki Bekasi Utara, Gereja Santa Clara Silahkan kirimkan tulisan anda melalui email : santaclarabekasi@gmail.com

Lainnya

Santo Yohanes dari Damaskus

Santo Yohanes dari Damaskus : 4 Desember

St. Yohanes dari Damaskus (John Damascene) hidup pada abad 7 – 8. Ia dilahirkan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *