Home / Berita Utama / Berita Mingguan / Paus Fransiskus Umumkan Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal Baru Indonesia

Paus Fransiskus Umumkan Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal Baru Indonesia

Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo

Katolikpedia.id – Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo terpilih sebagai kardinal baru. Paus Fransiskus mengumumkan 13 nama kardinal baru usai Angelus di Lapangan St Petrus pada Miinggu, 1 September 2019. Ini seperti dilansir vaticannews.va.

Dari 13 kardinal baru yang diumumkan Paus Fransiskus, 10 kardinal baru memenuhi syarat untuk ikut dalam konklaf atau pemilihan paus baru dan bisa terpilih sebagai paus atau disebut kardinal elektor. Mgr Suharyo termasuk salah satu dari 10 kardinal baru ini.

Sementara 3 kardinal baru lainnya sudah berusia di atas 80 tahun dan tidak bisa memilih atau dipilih sebagai paus baru dalam konklaf. Kardinal ini disebut kardinal non elektor.

Pelantikan kardinal baru akan dilaksanakan dalam Consistorium (Sidang Para Kardinal) pada tanggal 5 Oktober 2019 di Vatikan.

Mgr Suharyo menjadi kardinal ketiga Gereja Katolik Indonesia. Kardinal pertama Indonesia adalah almarhum Justinus Kardinal Darmojuwono. Dan Kardinal kedua Indonesia adalah Julius Riyadi Kardinal Darmaatmadja SJ.

Mgr Ignatius Suharyo lahir di Yogyakarta, 9 Juli 1950. Ia menerima tahbisan imam pada 26 Januari 1967 dan ditunjuk sebagai Uskup Agung Semarang pada 21 April 1997.

Kemudian Mgr Suharyo ditunjuk sebagai Uskup Agung Koajutor Jakarta pada 25 Juli 2009. Pada 28 Juni 2010, Mgr Suharyo ditunjuk sebagai Uskup Agung Jakarta.

Sejak 2 Januari 2006, Mgr Suharyo juga mengemban tugas sebagai Uskup Militer Indonesia. Dan saat ini Mgr Suharyo juga sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)

Profisiat kepada Mgr Ignatius Suharyo atas penetapannya sebagai kardinal baru Indonesia.

Tentang Admin

Lainnya

Rosario Bersama Pertama Umat Santa Clara di Pelataran Maria Memanggil

Sejak Paroki Bekasi Utara, Gereja Santa Clata berdiri 21 tahun, inilah (1 Oktober 2019) pertama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *