Romo Raymundus Sianipar, OFM cap : Kematian Itu Laksana Saudara Kembar

Misa Arwah

SANTACLARABEKASI.OR.ID – Selama bulan Nopember 2020, Keuskupan Agung Jakarta mengajak untuk berdoa bagi keselamatan jiwa-jiwa melalui yang diselenggarakan setiap hari secara bergantian oleh paroki-paroki se- yang disiarkan secara dan ditayangkan juga oleh HIDUP Tv dan Channel Youtube Paroki-paroki se-KAJ.
Pada hari ke-28, tepatnya tanggal 28 Nopember 2020, – Gereja Santa Clara mendapat giliran menyelenggarakan misa arwah. Misa arwah dimulai pukul 18.00 WIB dipersembahakan oleh Romo Raymundus Sianipar, OFMCap. Lima belas menit sebelumnya live streaming sudah dibuka dengan menayangkan video RS St Carolus dilanjutkan penayangan foto-foto dan daftar nama arwah yang didoakan.

Dalam homilinya, Romo Ray mengatakan bahwa, kematian sesungguhnya merupakan pintu pengharapan belas kasih Allah bagi kehidupan yang tidak dapat binasa yang Tuhan sendiri telah janjikan kepada kita, di mana tidak ada lagi tangisan, tidak ada lagi ratapan, tidak ada lagi luka dan tidak ada lagi duka serta kengerian-kengerian yang lain. Kita semua dipanggil oleh sumber air kehidupan yang mengalir dari tahta Allah, dan dari tahta Anak Domba. Tuhan telah mengatur jalan kehidupan kita masing-masing, maka hendaklah kita selalu siap sedia dan taat kepada kehendak Tuhan yang mengatur hidup kita sampai nanti pada saatnya kita kembali kepadaNya.

Kematian itu laksana saudara kembar, demikian lanjut Romo Ray. Maka kita harus siap untuk menerimanya. Bahkan kita selalu perlu memikirkannya, dan ketika dia tiba, kita pun tidak terkejut (Santo Cyprianus). , menjelang ajalnya dia menyambut saudari maut dengan menyanyikan kidung ‘Saudara Matahari’ – ‘Gita Sang Surya’. Dia tidak berhenti menyanyikan itu, karena ingin memasuki kebesaran, kemuliaan dan kebahagiaan kelak.

Percaya akan kebangkitan membuat doa-doa kita bagi orang yang kita kasihi yang sudah mendahului kita tidak akan pernah sia-sia. Maka selalulah berdoa bagi mereka, sebab kita semua terhubung karena kasih Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita ini adalah tubuh mistik Kristus puteraNya.

Maka mendoakan mereka sama dengan menaruh harapan akan kasih Allah untuk kebangkitan saudara-saudari kita dan memohon belas kasihan Tuhan supaya berkenan menerima saudara-saudari kita yang telah berpulang.

yang kita rayakan setiap hari selama bulan Nopember ini adalah kurban Yesus sendiri yang menyelamatkan kita dan saudara-saudari kita yang telah mendahului kita. Tuhan sungguh memahami betapa kita semua berdoa memohon kemurahan bagi mereka.

Tuhan melihat setiap hati kita, yang sungguh-sungguh meminta kemurahan Tuhan agar saudara-saudari kita beroleh pengampunan. Demikian Romo Ray menutup homilinya.

Lainnya

Skor Artikel

Related posts

Tentang Komsos St Clara

Komsos St Clara
Website ini adalah salah satu bentuk pelayanan untuk Paroki Bekasi Utara, Gereja Santa Clara Silahkan kirimkan tulisan anda melalui email : santaclarabekasi@gmail.com

Lainnya

Yesus memilih muridnya

Bacaan, Mazmur Tanggapan dan Renungan Harian Katolik: Minggu, 24 Januari 2021

SANTACLARABEKASI.OR.ID Bacaan Pertama : Yun 3:1-5.10 Orang-orang Niniwe berbalik dari tingkah lakunya yang jahat. Untuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *